Minggu, 04 November 2007

aliran sesat merajalela

aliran sesat merajalela....
akhir - akhir ini kita sering sekali melihat berita tentang aliran sesat yang bermunculan.

Sebenarnya sudah sejak dulu aliran sesat ada di indonesia, bukan hanya aliran yg mendekati agama islam saja, namun aliran yang berbasis agama kristen juga ada.
misalnya: dari sisi islam (al-qiyadah al-islamiah, alquran suci, dan masih akan ada banyak lagi aliran2 baru) dari sisi kristen (saksi yehova, dan ada beberapa aliran lagi yang saya lupa namanya)

eksisnya aliran-aliran sesat ini dikarenakan tidak adanya tindakan tegas dari pemerintah. tindakan tegas yag saya maksud bukan tidakan tegas secara fisik. namun adanya penyuluhan dan bimbingan lebih lagi kepada umat2 yang menganut aliran sesat ini.

selama ini kita lihat orang-orang hanya bisa menghakimi saja, bukannya merangkul mereka dengan kasih, tapi mereka di sudutkan dengan berbagai cemooh, di anggap sebagai setan, dan dikucilkan.

saya heran kenapa orang indonesia sangat senang menggunakan otot mereka daripada otak mereka. (ups maaf kalau kata-kata saya menyinggung perasaan, tapi ini kenyataan). jalan keluar dengan menggunakan kekerasan hanya akan menimbulkan luka dan menyebabkan kekerasan baru.

meluasnya ajaran aliran sesat disebabkan karena bertambahnya jumlah pengikut. dari segi iman mungkin disebabkan karena kekosongan hati dan kekeringan iman, di lain pihak disebabkan karena adanya iming-iming berupa uang, ini yang menyebabkan orang-orang tertarik untuk mengikuti aliran ini.
Coba kita lihat dari banyaknya pengikut aliran sesat kebanyakan anggotanya berasal dari kaum ekonomi kelas bawah, yang artinya orang-orang ini sangat membutuhkan tambahan uang. Cara paling gampang untuk mendapatkan uang adalah dengan mengikuti aliran ini dan mencari calon pengikut baru.

saya pernah mendengar tentang cara-cara mengajak orang untuk mengikuti aliran sesat ini dalam hal ini aliran yang saya dengar bukan aliran alqiyadah namun aliran saksi yehova.
aliran ini banyak sekali berkembang, dari segi pengajaran jelas berbeda dengan kristen. mereka mengatakan bahwa neraka tidak ada, dan nantinya dunia ini akan menjadi eden atau firdaus yang baru. mereka sangat fasih dan sangat hafal tentang ayat-ayat di alkitab, dan mereka sangat pintar untuk memainkan tiap katanya di alkitab sehingga calon-calon yang diajaknya untuk bergabung (bila calon ini beragama kristen atau katolik dan mereka menggunakan ayat-ayat alkitab untuk membantah si saksi yehova ini) sudah dapat dipastikan mereka akan kalah.
saya tahu persis rasanya karena saya pernah di ajak untuk bergabung. saya benar-benar kewalahan untuk menolaknya karena mereka sangat baik, sangat ramah. saya bisa menolak mereka setelah saya bilang kalau saya sudah memiliki gereja sendiri dan tidak tertarik untuk pindah gereja.
setelah itu saya menceritakan ke orangtua saya, lalu orangtua saya mengatakan bahwa aliran ini bsia meluas karena mereka memiliki sistem bila bisa mendapatkan calon pengikut mereka akan mendapatkan uang, dan pengangkatan sejumlah kepala aliran ini di berbagai daerah dilihat dari banyaknya orang yang bisa mereka raih untuk masuk ajaran mereka.

Mungkin aliran-aliran sesat yang sekarang marak, juga memakai metode ini.
cara yang paling tepat menurut saya untuk mengurangi penyebaran aliran ini adalah dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. misalnya:
  1. coba untuk menceritakan kepada orang lain tentang beberapa informasi yang anda peroleh
  2. ingatkan kembali mereka pada iman mereka menurut kepercayaan masing-masing
  3. bila iman anda kuat, bisa dicoba dengan menyusup dalam ajaran mereka sebagai pengikut (tentu saja pengikut bohongan) lalu pelajari cara kerja mereka. bukannya langsung diberantas dan dipukuli. ingat yang mau kita berantas alirannya bukan orangnya. pengikutnya tidak salah, mereka hanya khilaf saja.
  4. bila kita menemukan akarnya maka akan lebih mudah untuk diberantas.
  5. jangan memakai kekerasan karena kekerasan hanya akan menambah luka dan mencoreng agama kalian sendiri. ingat sudah banyak orang bodoh di dunia ini. otot tidak akan menang lawan otak. semakin anda keras maka kelompok mereka akan semakin sulit untuk di berantas.

Tidak ada komentar: